Kamis, 12 Juli 2012

TENTANG SOFTWARE


A.                 PENGERTIAN SOFTWARE
Software komputer adalah  kumpulan dari pada intruksi atau statement yang disusun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat dimengerti oleh komputer.

B.                  ERA PERKEMBANGAN SOFTWARE
v  Era Pionner
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer.  Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung. Pada era ini, software dan hardware computer merupakan satu kesatuan.
v  Era Stabil
Pada Era Stabil ini perintah – perintah yang dapat dijalankan dalam sebuah computer sudah merupakan multi tasking (software dijalankan secara bersamaan). Software komputer pada era ini juga mampu memuat  banyak pengguna (multi user) dan secara cepat / langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data.
v  Era Mikro
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Linux,Macintosh, dll), Software Aplikasi (Microsoft Office, Open Office, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll).
v  Era Modern
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya digunakan untuk komputer saja, ada juga software komputer yang ada dalam handphone. Contohnya  Android, Symbian, dll. Software komputer pada zaman ini sudah sangat meningkat.  Selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

C.                  SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE
Ø  SOFTWARE SEBELUM KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Tahun 1842 perangkat lunak pertama muncul yang ditulis oleh Ada Augusta, anak perempuan dari Lord Byron. Software ini diterapkan pada Analytical Engine ciptaan Charles Babbage. Tahun 1933 Wallace J. Eckert menciptakan suatu program mekanik yang digunakan untuk mengontrol  jalannya suatu mesin yang merupakan gabungan dari beberapa mesin akuntansi.


Ø  SOFTWARE SEMASA GENERASI PERTAMA
Software pada generasi ini diciptakan oleh para ahli matematika dan ahli teknik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah  yang muncul pada bidangnya. Program yang dibuat bersifat khusus karena hanya untuk satu aplikasi tertentu sehingga jika ingin digunakan untuk aplikasi lain, maka program yang baru harus dibuat lagi. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka orang menciptakan suatu bahasa pemrograman yang disebut bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan cara menulis program dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.

D.                 CONTOH APLIKASI SOFTWARE
·         Software Pengolah Kata
1.      Microsoft Word
2.      Wordstar
3.      OpenOffice Writer
·         Software Pengolah Lembar Kerja
1.      Microsoft Excel
2.      Lotus 123
3.      OpenOffice Calc
·         Software Presentasi
1.      Microsoft Power Point
2.      Presentation, Impress
3.      Macromedia Flash
·         Software Pengolah Database
1.      Microsoft Access
2.      Base
3.      SQL Server
·         Software Desain Grafis
1.      Adobe Photoshop
2.      Corel Draw
3.      Paint


Erfina Christy Wijaya
A12.2012.04580

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar