Jumat, 13 Juli 2012

TENTANG COREL DRAW


A.     SEKILAS COREL DRAW
CorelDraw adalah software yang berfungsi sebagai pengolah gambar untuk menggambar dengan format vektor. CorelDraw merupakan sebuah aplikasi “an intuitive graphics design application” yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para perancang dapat berkarya dengan intuisi sehingga gambar yang dihasilkan dapat mendekati kenyataan sebenarnya. CorelDraw ditujukan oleh para perancang atau desainer di lingkungan home and small business user, creative professional dan para pengguna di lingkungan enterprise.

B.     SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS UNTUK COREL DRAW
Syarat utama yang umum untuk aplikasi grafis adalah kesediaan RAM atau memori yang mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk program CorelDraw, spesifikasi standar yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
ü  Processor minimal Pentium II 233 MMX
ü  RAM minimal 128 MB
ü  Monitor Minimal SVGA
ü  VGA minimal 16 MB
ü  Ruang kosong Harddisk minimal 2GB

C.     FASILITAS DAN KEMUDAHAN COREL DRAW
CorelDraw menyediakan banyak fasilitas untuk mempermudah dan mempercepat proses desain dengan hasil yang maksimal. Adapun fasilitas – fasilitas tersebut antara lain :
o    Flat Look Interface
User Interface CorelDraw mempunyai tampilan flat dengan hot tracking aktif pada tombol, tool, dan opsi – opsi pada saat kursor mouse di atas Window drawing.
o    Workspace
Kotak dialog Option memungkinkan anda untuk menentukan dan menyimpan setting workspace berdasar basis individual user. Dapat juga mengatur tampilan sesuai dengan kebutuhan, mengedit dan menyimpan setting untuk dijadikan default pada saat menggunakan aplikasi. Dalam setting workspace, dapat juga membuat / mengatur sendiri menu – menu atau tollbar ataupun membuat tombol shortcut sendiri.
o    Window Docker
Window Docker dapat ditempatkan pada bagian kiri atau kanan pada window drawing. Dengan demikian window tersebut memudahkan pengaksesan perintah – perintah yang sering digunakan tanpa mengacaukan drawing page. Pada saat window docker terbuka lebih dari satu, tab – tab akan muncul pada bagian kanan window docker sehingga memungkinkan untuk berpindah antar window docker dengan cepat dan mudah.
o    Customibility
Pengembangan pada customisasi fasilitas seperti level zoom, dan ukuran halaman yang didefinisikan oleh pengguna, sehingga dapat mengakses setting yang sering digunakan.
o    Microsoft Intelllimouse
Anda dapat mengatur zoom dan preview dari gambar dengan menggunakan tombol zoomroller pada Microsoft IntelliMouse.


Sumber : LKS TIK Kharisma untuk SMA


Erfina Christy
A12.2012.04580

Tidak ada komentar:

Posting Komentar