Selasa, 17 Juli 2012

MEDIA KONEKSI INTERNET


A.        SEKILAS TENTANG INTERNET
Setiap komputer dalam Internet dinamakan host, dimana setiap host memiliki kemampuan yang sama dalam berkomunikasi dengan host yang lain. Beberapa host terhubung ke jaringan melalui sambungan dial – up (akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem) yang bersifat sementara, sementara yang lainnya memiliki hubungan yang permanen.
Internet berisi banyak kepentingan, ada yang sekedar mencari hiburan maupun ilmiah dan ada pula yang mengoperasikan jaringan bisnisnya dan semua kepentingan itu saling terhubung. Internet bukan sekedar jaringan peer to peer (suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau internet tanpa melalui sebuah server) yang sangat besar, tetapi jauh lebih kompleks yaitu adanya kombinasi antara klien dan server yang berjalan diantara host Internet.  

B.        MEDIA – MEDIA KONEKSI INTERNET
ü  Dial up modem
Merupakan sambungan internet menggunakan media jaringan telepon. Tekniknya dengan cara melakukan proses dial ke sebuah host. Jika proses dial tersebut disetujui, maka oleh host tersebut akan dihubungkan ke jaringan internet. Biasanya kecepatan maksimal untuk transfer data adalah 56 kbps.
ü  Jalur telepon kecepatan tinggi
Merupakan sambungan internet melalui jaringan telepon dengan menggunakan sinyal digital. Jadi tidak perlu ada perubahan sinyal analog menjadi digital dan juga sebaliknya. Beberapa jenis koneksi ini adalah :
v  ISDN (Integrated Services Digital Network), mempunyai kecepatan transfer data sebesar 128 kbps
v  DSL (Digital Subscriber Line), mempunyai kecepatan transfer data sebesar 1,5 sampai 8,4 Mbps
v  TT Line (Traditional Trunk Line), mempunyai kecepatan transfer data sebesar 1,5 Mbps
ü  Cable modem
Merupakan sambungan internet melalui TV kabel. Jaringan ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi untuk mentransfer data. Kecepatan transfer datanya adalah 10 Mbps
ü  Wireless
Merupakan sambungan internet tanpa kabel. Koneksi wireless memiliki dua jenis yaitu :
v  Satelit komunikasi memiliki kecepatan transfer data 400 kbps
v  Gelombang Mikro merupakan koneksi wireless dengan gelombang mikro, seperti melalui GSM dan GPRS. Kecepatan transfer datanya bisa mencapai 155 Mbps

Sumber :
Modul TIK Kelas XI


Erfina Christy
A12.2012.04580

Tidak ada komentar:

Posting Komentar