A. UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah
untuk menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam
sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal
input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
v Peralatan
input langsung
Input yang dimasukkan langsung diproses
oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,
digitizer graphics tablet, scanner
v Peralatan
input tidak langsung
Input yang melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,
harddisk
B.
ALAT
– ALAT INPUT DEVICE
·
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
·
Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard.
·
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
·
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light
pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
·
Joy Stick dan Game Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
·
Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu
kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
·
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk mengkopi atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer.
·
Microphone dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam
atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara.
Sumber
:
o
Buku “MENGENAL DUNIA KOMPUTER”
Erfina
Christy
A12.2012.04580
Tidak ada komentar:
Posting Komentar